Ke Mata Air Panas Sidebuk Debuk, Berastagi. - M. Sahidin

Ke Mata Air Panas Sidebuk Debuk, Berastagi.


Sebetulnya artikel ini sudah basi untuk saya tulis, karena saya pergi ke Sidebuk debuk pada bulan kemarin, tepatnya pada tanggal 28 April. Saya pergi ke sana juga karena desakan anak sulung saya, si Zidan yang ingin tahu tempat yang bernama Mata air panas Sidebuk Debuk. Tapi setelah foto dan video share di FB  ada juga yang bertanya ke istri saya Sidebuk Debuk ada di mana, dan itu tempat apa? Walah... tinggal di Medan kok ga tau sih Sidebuk Debuk hihihi. Okay ini ceritanya.

Mata air panas Sidebuk Debuk adalah tempat yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun asing, terutama pada hari libur. Pada saat saya berada disana banyak wisatawan dari Malaysia berkunjung ke sana. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah kolam air panas beraroma sulfur atau belerang, ada sebagian orang yang memang tidak suka dengan aromanya.

Belerang kita ketahui banyak di gunakan di pengobatan tradisional untuk penyembuhan penyakit kulit, seperti jerawat, alergi dan berbagai penyakit kulit lainnya yang kronis seperti panu, kadas dan kurap. tapi anda jangan takut ketularan dari wisatawan lain karena air kolam bersikulasi terus. Air panas belerang di alirkan dari rekahan gunung Sibayak melalui pipa-pipa ke kolam pemandian. ukuran kolam dan tingkat panasnya bervariasi. Dan serbuk belerang di jual Lima ribu perak perbungkus di sekitar kolam pemandian.

Mata air panas sidebuk debuk berada di sebelah selatan gunung sibanyak. Tepatnya di desa Sidebuk Debuk. Dan 30 menit sebelum ke berastagi, jika anda dari Medan sekitar 58 km. Dari jalan lintas Medan - Berastagi anda berhenti di simpang desa Sidebuk Debuk, ada plang yang bertuliskan HOT SPRINGS SIDEBUK DEBUK. anda berjalan ke lokasi pemandian sekitar 1 km. Selama perjalan ke kolam pemandian anda akan di suguhkan pemandangan gunung Sibayak dan ladang pertanian milik penduduk setempat. Di bawah ini peta dan video menuju ke desa Sidebuk Debuk.


Dan ini video perjalanan saya dari simpang desa Sidebuk Debuk ke tempat pemandian Air panas.


Pemandian ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan pada malam hari, karena untuk menghangatkan tubuh dari udara pegunungan Sibayak. Seperti kebanyak tempat wisata yang lain banyak fasilitas yang di sediakan untuk para wisatawan. Seperti penginapan dan sewa pakaian untuk mandi.

Video di lokasi pemandian.



Di video diatas, Zidan mandi dikolam yang tidak terlalu panas, kolam yang agak panas dekat dengan sumber mata air panasnya.


Terima kasih telah membaca artikel ini...

1 Response to "Ke Mata Air Panas Sidebuk Debuk, Berastagi."

Contact Form

Name

Email *

Message *